cover
Contact Name
Dhimas Wicaksono
Contact Email
p3m@sttkd.ac.id
Phone
+6285729186991
Journal Mail Official
dhimas.wicaksono@sttkd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.sttkd.ac.id/index.php/ts/Editorial_Team
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
ISSN : 24601608     EISSN : 26223244     DOI : https://doi.org/10.56521/teknika.v8i1
Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine pertama kali terbit pada tahun 2014. Jurnal ini sempat vakum pada tahun 2019, kemudian aktif kembali mulai volume 1 tahun 2020 dan akan terbit 2 volume setiap tahunnya yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2016): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine" : 5 Documents clear
MEDIA PEMBELAJARAN AERODINAMIKA BERBASIS ANDROID Erwan Eko Prasetiyo
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 3 No 1 (2016): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1357.568 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang cukup pesat memberikan dampak pada perkembangan media pembelajaran. Aplikasi seperti media dalam bidang pendidikan melahirkan banyak terobosan baru dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran. Banyak sekolah dan lembaga pendidikan melakukan investasi untuk mengembangkan infrastruktur bagi penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan. Peluang-peluang itu pula dimanfaatkan oleh masyarakat pendidikan dengan mengembangkan berbagai media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis android akan menjadi media pembelajaran yang murah, karena cukup sekali dibuat dapat dipasang pada banyak perangkat android. Media pembelajaran mendukung mahasiswa belajar tidak hanya di kampus saja tetapi dapat dilakukan diberbagai tempat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain, mengimplementasikan dan mengetahui unjuk kerja media pembelajaran aerodinamika berbasis android. Isi materi pada media pembelajaran ini terdiri atas 4 (empat) pokok bahasan, yaitu: Physic of The Atmosphere, Aerodynamics, Theory of Flight dan Flight Stability and Dynamics. Langkah-langkah pada penelitian dibagi menjadi delapan tahap yang meliputi studi literatur, perumusan masalah dan tujuan, pengumpulandata, perancangan media, implementasi, analisis hasil, kesimpulan dan penulisan laporan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media pembelajaran aerodinamika berbasis android dibagi menjadi 5 (lima) bagian utama yaitu tampilan halaman sampul (cover), tampilan halaman menu utama, tampilan halaman kompetensi, tampilan halaman materidantampilan halaman hitung lift and drag (kalkulator). Pokok materi yang disajikan dalam media ini dibagi menjadi 4 (empat) bagian yaitu Physic of The Atmosphere, Aerodynamics, Theory of Flight dan Flight Stability and Dynamics. Implementasi media pembelajaran aerodinamika berbasis android dibangun menggunakan software B4A dengan hasil file aplikasi berekstensi *.apk. Aplikasi Media Pembelajaran Aerodinamika dapat dipasang dan dijalankan pada smartphone atau tablet yang menggunakan Operating System Android versi 4.2.2ke atas. Unjuk kerja media pembelajaran aerodinamika berbasis android secara keseluruhan sudah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan. Semua tombol pada tiap-tiap tampilan dapat berfungsi sesuai dengan perencanaan.
ANALISIS PROFIL PENAMPANG GENTENG RUMAH TERHADAP TINGKAT KEBISINGAN SUARA AKIBAT LALU LINTAS PENERBANGAN DI SEKITAR BANDARA YOGYAKARTA Haris Ardianto; Wawan Riyanta
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 3 No 1 (2016): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.393 KB)

Abstract

Bentuk komponen dan bahan bangunan sangat mempengaruhi tingkat kebisingan suara yang didengar oleh penghuni rumah, khususnya profil gentengnya. Yogyakarta dengan segudang kampus dan objek wisatanya, hingga saat ini yang diketahui penulis masih menjadikan genteng rumah berbahan tanah liat menjadi primadona untuk komponen atap rumah pemukiman penduduknya, terlebih di wilayah kabupaten-kabupatennya seperti Sleman, Gunung Kidul, Bantuldan Kulon Progo. Tidak dipungkiri juga pemukiman disekitar Bandara Adisutjipto juga Bandara Kulon Progo nantinya. Jenis-jenis dan tipe-tipe genteng tentunya sangat banyak dan bervariasi tumbuh subur di wilayah Yogyakarta.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 5 jenis profil penampang genteng yang diaplikasikan untuk atap rumah terhadap tingkat kebisingan suara dari lalu lintas penerbangan di sekitar Bandara Yogyakarta.Pada pengujian tingkat kebisingan suara (noise) terlebih dahulu dilakukan pendataan tingkat kebisingan di titik pemukiman tempat perlintasan landing dan take off pesawat terbang, di sekitar Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. Kemudian ditetapkan sumber suara pengujian, dengan perbandingan skala tertentu sebagai analogi suara mesin pesawat terbang yang dijadikan variabel tetap selama pengujian. Demikian pula bentuk atap dan bangunan rumah dijadikan varibel tetap, didesain sederhana sebagai analogi bangunan rumah, tanpa memperhitungkan komponen yang lain seperti plafon, pintu, jendela, dll., sedangkan genteng dengan 5 variasi bentuk dijadikan variabel bebas, kemudian tingkat kebisingan suara diukur menggunakan sound level meter (SLM). Hasil uji tingkat kebisingan menunjukkan bahwa tingkat kebisingan yang paling rendah diantara dari lima jenis genteng adalah Genteng Turbo Kecil Giling 2x (66,88 dB desiBell) dengan tingkat kebisingan berkurang hingga 9,1 % dari pengukuran tingkat kebisingan tanpa atap (73,58 dB). Jika dibanding dengan Genteng Paris Giling 3x (67,68 dB) berkurang sekitar 8 %, Genteng Paris Giling 2x (67 dB) berkurang 8,9 %, Genteng Turbo Besar Giling 3x (67,58 dB) berkurang 8,2 % dan Genteng Kodok Giling 2x (68,82 dB) berkurang hanya 6,5 %
APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH AERODINAMIKA BERBASIS FLASH Farid Ma'ruf
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 3 No 1 (2016): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.067 KB)

Abstract

Adanya peningkatan jumlah permintaan terhadap kebutuhan transportasi udara pada akhir-akhir ini membuat semakin bertambah pula perusahaan-perusahaan yang bermunculan di Indonesia. Perusahaan-perusahaan tersebut tentunya juga akan membutuhkan tenaga kerja yang banyak agar perusahaan tersebut dapat beroperasi sebagimana mestinya dan mampu memenuhi kepuasan para penggunanya. Salah satu tenaga kerja yang dibutuhkan dalam perusahaantersebut adalah teknisi pesawat terbang. Untuk menghasilkan teknisi pesawat terbang yang handal tentunya membutuhkan sistem pendidikan yang berkualitas. Ada banyak materi dan bahan perkuliahan yang harus dikuasai oleh seorang teknisi agar handal di bidangnya. Salah satu materi tersebut adalah Aerodinamika. Pada penelitian akan dibuat sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis flash yang nantinya dapat membuat mahasiswa dapat lebih tertarik untuk memahami dan mengerti tentang Aerodinamika. Aplikasi media pembelajaran ini merupakan aplikasi yang berbasis flash sehingga dibuat menggunakan software yangmendukung untuk aplikasi flash tersebut. Pada penelitian ini, pembuatan aplikasi media pembelajara ini dibuat menggunakan software yang dinamakan Adobe Flash CS3. Aplikasi media pembelajaran ini berisi tentang kegiatan mata kuliah Aerodinamika, mulai dari silabus, teori dasar penerbangan, Aerdonamika, hingga simulasi perhitungan lift and drag pada perhitungan sebuah desain aerofoil. Penelitian ini dilaksanakan di STTKD Yogyakarta dan melalui 8 (delapan) tahap penelitian. 8 (delapan) tahapan penelitian tersebut, antara lain : studi literatur, perumusan masalah dan tujuan, pengumpulan data, perancangan aplikasi media pembelajaran, implementasi, analisis hasil, kesimpulan, dan penulisan laporan. Hasil penelitian ini berupa sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis flash untuk mata kuliah Aerodinamika. Aplikasi media pembelajaran ini terdiri dari 10 (sepuluh) bagian utama, yakni home, silabus, materi 1, materi 2, materi 3, materi 4, quiz, evaluasi, daftar pustaka, dan exit. Aplikasi ini tersedia dalam 2 tipe file, yakni .exe dan .swf sehingga bisa dijalankan di semua jenis personal computer (pc), notebook, maupun netbook. Semua menu yang ada pada aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dengan adanya aplikasi ini, mahasiswa dapat lebih mudahmemahami dan mengerti tentang mata kuliah Aerodinamika.
LUBRICATION SYSTEM PADA AUXILIARY POWER UNIT (APU) GTC P85-129 PESAWAT BOEING 737-300/400/500 Erwhin Irmawan; Ilham Putra Faturrachman
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 3 No 1 (2016): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.413 KB)

Abstract

Perkembangan pesawat terbang haruslah memperhatikan 2 aspek yang penting yaitu aspek perawatan dan pemeliharaan (maintenance) pesawat demi kelancaraan beroperasinya suatu penerbangan yang nyaman. Pesawat boeing 737- 300/400/500 mempunyai banyak komponen serta sistem utama, salah satu komponen utamanya Auxiliary Power Unit (APU) dan salah satu sistem-sistem utamanya yang harus dalam keadaan baik ialah lubrication system pada Auxiliary Power Unit (APU). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dan cara kerja, perawatan, Trouble dan Trouble shooting Lubrication Sytsem pada Auxiliary Power Unit (APU) GTCP85-129 Pesawat Boeing 737-300/400/500. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berupa analisis kualitatif hanya menggunakan gambaran dalam penulisannya tidak menggunakan angka atau perhitungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi terhadap Lubrication system pada APU pesawat boeing 737-Series, wawancara dan studi pustaka dengan mengumpulkan sumber-sumber dari buku atau referensi lain seperti aircraft training manual danaircraft maintenance manual, serta FAA handbook. Di dalam APU terdapat lubrication system berguna memberikan pelumasan pada gear dan bearings dari APU dan juga berfungsi untuk menurunkan suhu dari komponen-komponen yang ada dalam APU. Trouble yang sering terjadi diakibatkan oleh kurangnya tekanan pada oli sehingga low oil pressure masih menyala. Trouble shooting pada APU, pertama harus mengetahui apa penyebab kerusakannya dengan melakukan pengecekan pada komponen tersebut dengan cara visual check atau melakukan cara test secara manual.
PENGEMBANGAN MODEL PERSEDIAAN ECONOMIC MANUFACTURING QUANTITY (EMQ) YANG MULTI ITEM DAN PROBABILISTIK Sigit Susanto
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 3 No 1 (2016): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.479 KB)

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, terjadi kebebasan arus produk sehingga membuat persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Agar dapat survive, perusahaan PT. XYZ harus melakukan kegiatannya secara efektif dan efisien pada semua lini bagiannya. Salah satu lini tersebut adalah lini gudang atau persediaan. Sistem persediaan yang ada dan dijalankan oleh PT XYZ merupakan lingkungan produksi yang memproduksi lebih dari satu produk akhir dan permintaan terhadap produknya tersebut tidak pasti. Berdasarkan kondisi PT XYZ tersebut, penulis mendekati system persediaan yang ada pada PT XYZ dengan model persediaan Economic Manufacturing Quantity, multi item, dan probabilistic. Solusi terhadap model yang dibangun, diperoleh menggunakan bantuan spreadsheet.

Page 1 of 1 | Total Record : 5